CAP GO MEH 2023 Disambut Meriah, Warga Kota Manado dan Sekitarnya Penuhi Jalan

Netizensulut.com, Manado – Untuk Menyambut Cap Go Meh 2023 Warga Kota Manado dengan ramai memenuhi kawasan pasar 45 dan sekitarnya. Hanya untuk melihat perayaan hari raya Tionghoa tersebut.

Hingga saat ini jalur pasar 45 mulai dari Taman Kesatuan bangsa sampai seputaran Klenteng tidak bisa dilewati kendaraan karena padat dengan masyarakat yang antusias melihat Cap Go Meh itu.

Sejauh pantauan Netizensulut.com ada ribuan warga yang sedang menanti Cap Go Meh itu.

Perlu diketahui juga, Warga yang antusias melihat Cap Go Meh itu bukan hanya dari Warga Kota Manado saja. Tapi ada juga warga masyarakat dari Daerah lain bahkan ada turis pun terlihat.

Cap Go Meh tahun 2023 jatuh pada tanggal 5 Februari yang bertepatan dengan hari Minggu dan Perayaan ini merupakan lanjutan dari hari raya Imlek.

Kedua perayaan penting masyarakat Tionghoa tersebut tidak jatuh pada tanggal yang sama setiap tahunnya. Hal ini karena kalender China berbeda dengan kalender masehi.

Istilah Cap Go Meh (十五冥) berasal dari dialek Hokkien, di mana cap go berarti ‘lima belas’, sedangkan meh artinya ‘malam’. Berdasarkan itu, secara harfiah arti cap go meh adalah ‘malam kelima belas’.

Komentar