Hanya Supir Skil Dewa yang Bisa Lewati Jalan Ini ! 8 Jalan Berbahaya di Dunia

Netizensulut.com – Halo Warganet, beberapa jalan di dunia terganggu oleh batas kecepatan yang tidak aman dan desain yang buruk.

Ada juga yang menunjukan kondisi berbahaya hingga membuat pengemudi meluncur melintasi jalur-jalur es dan jatuh di ribuan mil hingga tewas.

Jalan-jalan paling berbahaya didunia sering ditemui berada didaerah dataran tinggi seperti di Cina, Bolivia, dan juga Alaska.

Pengemudi bisa melintasi jalan raya sempit dan tak beraspal yang rentang terhadap tanah longsor, longsoran salju dan medan yang curam.

Penasaran seperti apa yuk simak deretan jalan terekstrime sekaligus berbahaya didunia berikut ini:

1. Dalton Highway (Alaska).

Dalton Highway-Alaska
Foto: Jalan Dalton Highway di Alaska

Para pengemudi yang melintas di jalan Dalton sangat disarankan untuk lebih mempersiapkan segala hal selama perjalanan. Karena sepanjang 414 mil atau setara 666 kilometer jalanan ini tidak ada pom bensin, restoran maupun hotel.

Sebagian besar jalan pun juga tidak beraspal, hanya terbuat dari kerikil sehingga menyulitkan pengemudi bahkan dalam kondisi cuaca yang baik sekalipun. Saat cuaca bersalju, jalanan menjadi licin ber-es. Longsor akibat salju juga sering terjadi dilintasan ini.

2. Sitinjau Lauik (Indonesia).

Jalan Sitinjau Lauik
Foto: jalan Sitinjau Lauik

Sitinjau lauik kerap disebut sebagai jalan paling berbahaya di Indonesia dengan rute Kota Padang, Arosuka, Solo. Salah satu rute menghubungkan provinsi Sumatra barat dengan provinsi lain ini memiliki kemiringan 45 derajat dan ruas panjang kurang lebih 15 kilometer yang terkenal dengan tikungan ekstrimenya.

Tidak hanya menikung, namun terdapat tanjakan yang perlu ditaklukkan oleh para pengguna jalan. Bahkan pengemudi harus bergantian saat melintas karena tidak memungkinkan dua mobil besar berpapasan.

Sitinjau Lauik diperkirakan telah banyak memakan korban yang jatuh kedalam jurang.

3. Guoliang Tunnel Road (China).

Jalan Guoliang Tunnel Road
Foto: Jalan Guoliang Tunnel Road – China

Guoliang merupakan jalan berterowongan paling terkenal dan juga berbahaya. Terowongan ini memiliki panjang hingga 8 mil atau sekitar 12 Kilometer, disekitar pegunungan cina.

Didalamnya terdapat enam terowongan kecil yang selalu ditutup pada musim dingin karena sangat licin. Selain itu bentuknya yang sempit berkelok ditambah terdapat blind spot (titik buta) yang membuat setiap pengendarannya tidak boleh melakukan kesalahan sendikit pun.

Walaupun pemandangannya spektakuler kalian masih punya nyali untuk memasuki terowongan ini ?

4. Yungas Road (Bolivia).

Jalan Yungas Road - Bolivia
Foto: Yungan Road – Bolivia

Jalan Yungas atau death road disebut jalan paling berbahaya di dunia karena bercurah tajam. lintasan yang menuju ke kordilerah oriental moutain-Bolivia ini sering terjadi hujan dan berkabut.

Jika seseorang salah berbelok saja dapat menyebabkan pengemudi jatuh dari ketinggian 4.000 kaki ke tanah.

Banyak bagian yang tidak diberi pembatas, sehingga menambah tingkat bahaya bagi kendaraan yang melintas. Terhitung sebanyak 200-300 orang meninggal disini setiap tahunnya.

5. Atlantic Ocean Road (Norwegia).

Atlantic Ocean Road - Norwegia
Foto: Atlantic Ocean Road – Norwegia

Jalan sekaligus jembatan paling berbahaya didunia berikut ini adalah Atlantic Ocean Road yang terletak di Norwegia. Jembatan ini dibangun untuk menghubungkan dua Kota Norwegia, dengan panjang 5,2 mil atau 8,3 kilometer.

Namun, jembatan ini seringkali ditutup ketika cuaca sedang buruk. Sebab, jalanannya sangat curam dan disekitarnya adalah lautan dengan ombak ganas ketika sedang musim hujan.

6. Transfagarasan (Rumania).

Jalan Transfagarasan
Foto: Jalan Transfagarasan

Jalan berbahaya didunia ini memiliki ketinggian 2.034 Meter dan termasuk yang paling tinggi dijalanan di Rumania.

Salah satu jalan yang paling menanjak ini terletak ditengah-tengah wilayah pegunungan karpatian yang memotong melalui masifagaras.

Namun, pemandangan transfagarasan adalah membuat banyak orang menyingkirkan rasa takut akan ketinggian tersebut. Untuk yang satu ini admin sarankan untuk warganet untuk mencobanya.

7. Eshima Ohashi (Jepang).

Jalan Eshima oshima
Foto: jalan Eshima Ohashi – Jepang

Meskipun hanya sebuah jembatan, salah satu jalan paling menanjak didunia ini mengharuskan kalian untuk memakai sebuk pengaman dengan kencang, dan persiapkan nafas panjang.

Jembatan Eshima Ohashi merupakan jalan paling berbahaya di dunia dengan panjang 1,7 kilometer dan lebar 11,4 meter yang menghubungkan dua Kota, sekaligus kerap disebut sebagai roller coster Jepang.

Kemiringan disatu sisinya mencapai 6,1 persen dan lainnya 5,1 persen.

Jembatan ini sengaja dibangun dengan sangat tinggi agar dapat dilintasi oleh kapal-kapal besar dibagian bawahnya.

8. Karakoram (Pakistan-China).

Jalan Karakoram
Foto: Jalan Karakoram – China-Pakistan

Sepanjang 800 Mil atau 1.288 kilometer, jalan Karakoram sering terjadi peristiwa bencana alam. Termasuk tanah longsor, maupun longsor akibat badai salju.

Meskipun begitu, jalanan ini masih menjadi destinasi populer wisatawan dan beberapa orang menyebutnya sebagai keajaiban dunia ke-8.

Banyak kecelakaan fatal juga yang terjadi dilintasan ini, seperti pada oktober 2018 silam terjadi kecelakaan yang menewaskan 17 orang sekaligus, diakibatkan terjunnya bus kedalam jurang dan pengemudi berbelok tajam di sepanjang jalan raya.

Sebulan sebelumnya seorang turis tewas dalam tanah longsor yang menabrak mobil vannya. kecelakaan seperti ini sudah sering terjadi semenjak karakoram dibuat pada tahun 1959, sebanyak 1.000 pekerja yang membangunnya telah meninggal selama konstruksi jalan raya karena ledakan atau longsor.

Itulah 8 jalan yang paling berbahaya didunia. Kira-kira kalian bakal berani melewati jalan-jalan tersebut.

 

baca juga:

Komentar