Optimalkan Daya Tarik Taman Budaya dan Museum di Sulut, Begini Kata Kadis Jani Lukas

Netizensulut.com, Sulut – Dalam upaya melakukan reformasi pada Taman budaya dan Museum di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Kepala Dinas (Kadis) Kebudayaan Jani N. Lukas membeberkan bahwa UPTD Taman Budaya dan Museum di Sulut sudah semakin membaik.

UPTD Taman Budaya dan Museum di Sulut merupakan salah satu bagian dari Pemerintah daerah agar supaya bisa menarik perhatian kunjungan Wisatawan lokal maupun mancanegara.

Diketahui, Kadis Jani Lukas belum lama menjabat di dinas kebudayaan namun telah mampu membawah perubahan signifikan dalam instansi.

“Ketika kami dipercayakan untuk mengelola dinas kebudayaan daerah provinsi Sulawesi utara, sebagai pejabat yang baru. Karena museum daerah itu bagian dari dinas kebudayaan daerah, maka saya berupaya untuk membenahi secara maksimal UPTD Taman Budaya dan Museum.” Tutur Lukas dikantor DPRD Sulut usai RDP dengan Komisi IV, pada Selasa (09/5).

Selain telah membawah perubahan, ia juga berharap agar Museum itu akan lebih baik dan bisa menjadi destinasi parawisata.

Karena seperti museum sendiri hingga saat ini telah mendapatkan dana alokasi khusus dalam pengembangannya dari Kementerian.

“Saya juga perlu menjelaskan bahwa keberadaan museum daerah Sulawesi utara ini mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Setiap Tahun itu mendapat bantuan dana DAK dari kementerian.” Ucapnya.

Terlepas dari perubahan dan perbaikan yang telah kadis Lukas lakukan, dirinya juga mengatakan pernah mendapatkan teguran.

“Ketika saya memimpin dinas kebudayaan, sudah ada teguran kepada kami bahwa kalau museum daerah itu tidak dikelola dengan baik, maka dana alokasi khusus (DAK) Akan ditarik. Itu sebabnya sebagai pejabat yang baru, saya ingin membenahi dan memperbaiki, supaya kalau ada kekurangan diwaktu-waktu yang lalu Itu bisa berubah lebih baik.” Ujar Kadis Lukas.

Ia juga menambahkan, “Dan saya bersyukur karena terbukti DAK ini bukannya dipending atau ditarik, tetapi sebaliknya Museum daerah itu awalnya type C itu sudah ditingkatkan naik ke level B. Sehingga anggaran justru bertambah.” Kuncinya sembari tak lupa ia mengatakan termakasih juga kepada instansi terkait yang juga telah terlibat dan bekerjasama dengan baik.

Komentar