Keren! Inilah 10 Tempat Wisata Terbaik di Sulawesi Utara

Netizensulut.com – Inilah 10 tempat wisata di Sulawesi utara (Sulut) tahun 2023. Kota Manado adalah ibukota dari Provinsi Sulawesi Utara yang memiliki semboyan ‘Sitou Timou Tumou Tou’ dan kota Manado merupakan kota terbesar kedua di Sulawesi Setelah Makassar.

Dikelilingi oleh barisan pegunungan dan juga merupakan kota pantai dengan luas daratan mencapai 15.700 hektar.

Manado terkenal akan keindahan alamnya yang begitu mempesona dan candu bagi pengunjungnya, bagi Warganet yang penasaran dengan 10 tempat wisata di Sulut, Ayo Simak!

10 tempat wisata

Berikut daftar 10 tempat wisata terbaru di Sulut:

1. Taman Nasional Bunaken.

Taman Nasional Bunaken merupakan salah satu dari 10 tempat wisata atau objek wisata yang paling populer di Sulut yang telah diakui dunia sejak lama dan sekaligus menjadi Taman Nasional Laut pertama Indonesia yang diresmikan sejak 1991.

Dikenal sebagai wilayah segitiga emas yang berhubung laut Filipina Papua dan Indonesia serta menjadi kawasan konservasi penting yang memiliki fungsi pelestarian keanekaragaman hayati pesisir dan laut kawasan ini juga mempunyai biodiversitas laut tertinggi di dunia dengan puluhan titik penyelaman yang dihuni ribuan Spesies ikan, ratusan spesies terumbu karang.

untuk menikmati semua pesona bawah lautnya tersebut sobat harus menyelam ke dalamnya untuk scuba diving maupun snorkeling dan yang menjadi lokasi favorit adalah Teluk lekukan karena di sini terdapat habitat penyu raksasa sekaligus dapat melihat kapal karam sepanjang 60 m pada kedalaman 200 m.

Selain itu, aktivitas lain yang bisa warganet nikmati adalah keseruan Wahana banana boat.

2. Pulau Siladen.

Pulau Siladen menjadi salah satu destinasi wisata dari 10 tempat wisata terbaru di Sulut yang harus masuk daftar tempat wajib untuk kalian kunjungi, pulau dengan luas mencapai 31 hektar ini memiliki morfologi daratan yang rata dikelilingi pantai berpasir putih. air laut yang jernih dan pemandangan bawah lautnya yang menakjubkan.

Kalian dapat melakukan berbagai kegiatan seperti diving di taman laut Siladen 1 dan siladen 2, snorkeling di sekitaran Pantai dan juga berenang.

Jika kalian bosan di air aktivitas mengelilingi indahnya Pulau pun tak kalah Keren, untuk menuju ke Pulau Siladen dapat ditempuh dengan menggunakan speed boat dan perahu transportasi umum yang hanya menyeberang satu kali sehari.

3. Pulau Manado Tua.

Pulau Manado tua merupakan pulau berpenghuni dengan daratan yang berbentuk gunung berdiri kokoh di atas ketinggian 655 meter dari permukaan laut dan didominasi warna hijau pepohonan Rindang karena puncak dari pulau Manado tua ini merupakan gunung berapi.

Aktivitas tracking bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dari atas puncak.

Kalian dapat menyaksikan pesona birunya laut dan keindahan punggung pulau Bunaken.

Selain itu daya tarik utama Pulau ini adalah diving dan snorkeling, keragaman dan keindahan bawah laut dengan terumbu karang berbagai corak dan model serta beraneka ragam ikan-ikan cantik berenang bebas siap untuk kalian explore bahkan terdapat biota laut langka seperti penyu sisik dan penyu hijau yang membuat para pecinta diving dunia terus berdatangan.

4. Malalayang Beach Walk (MBW).

MBW menjadi salah satu tujuan wisata favorit di pusat Kota Manado, kalian tak perlu menyeberang pulau yang membutuhkan dana lebih dan jelas tempat ini adalah solusi ekonomis Menikmati keindahan laut di Manado.

Kondisi struktur di sepanjang pantai didominasi oleh batu-batu kecil ombaknya pun relatif tenang dan sangat cocok untuk kalian bisa berenang, aktivitas diving menjelajah keindahan alam di bawah laut pun bisa kalian nikmati.

terdapat taman laut yang masih alami dengan berbagai jenis Koral warna-warni dan spesies ikan berbagai jenis.

MBW merupakan tempat umum dan dibuka setiap hari selama 24 jam dengan sajian yang cocok untuk dinikmati bersama keluarga dan pasangan.

5. Tahura Gunung Tumpa.

Taman hutan raya (Tahura) Gunung Tumpa merupakan suatu kawasan pelestarian alam yang mempunyai keanekaragaman hayati baik flora maupun fauna.

Memiliki ketinggian 750 meter di atas permukaan laut dengan luas kurang lebih 28 hektar gunung tumpa menawarkan pesona panorama alam dari ketinggian.

Kalian bisa menyaksikan keindahan Pulau Manado tua, Bunaken, Siladen, Mantehage dan Nain, semuanya tampak seperti terapung di atas air membentang Teluk Manado.

Selain itu, aktivitas wisata seru yang bisa warganet nikmati adalah paralayang. rasakan hembusan angin dan indahnya panorama kaki langit saat lepas landas dari ketinggian 350 m di atas permukaan laut.

6. Rumah Alam Manado.

Rumah alam Manado Adventure Park adalah sebuah tempat wisata berbasis alam yang mengusung konsep ‘Back To Nature’ dengan suguhan alam terbuka dan memiliki kultur perbukitan hijau dan rimbun di sekelilingnya.

Luas mencapai 10 hektar, rumah alam Manado terbagi menjadi beberapa kawasan seperti kawasan farmhouse yang seru untuk digunakan sebagai lokasi outbound tersedia juga berbagai paket outbound seperti ATV, camping ground Gland pink high rock, flying fox hingga Minion.

ada juga kawasan Mimpi pool club yang merupakan tempat nongkrong asik bersama keluarga dilengkapi dengan kolam renang serta beragam menu makanan dan minuman.

Selain itu terdapat Cafe Taman langit yang merupakan sebuah Cafe super kece berkonsep alam terbuka menawarkan pemandangan langit terutama saat senja dan langit malam khas Minahasa.

7. Citraland Waterpark Manado.

Citraland Waterpark Manado merupakan destinasi wisata keluarga yang ramah anak, terdapat kolam besar dengan kedalaman 30 hingga 80 cm yang dilengkapi dengan berbagai wahana air yang seru. Seluncur air merupakan icon sekaligus ciri khas Waterpark.

Rekreasi Air ini menyediakan 8 buah seluncuran air yang bisa dicoba, ada juga sebuah ember raksasa yang siap mengguyur kalian saat berada di kolam bawahnya.

Waterpark ini dibuka mulai dari hari Jumat hingga hari Minggu mulai dari jam 12 siang Hingga jam 7 malam.

8. Air terjun kima atas.

Air terjun kima atas merupakan satu-satunya air terjun yang ada di kota Manado memiliki ketinggian sekitar 8 meter dengan bentuk melebar aliran airnya juga tidak jernih namun tetap saja terlihat indah, arus airnya tidak kuat sehingga bisa untuk berenang di kolam kecil yang terbentuk dari jatuhan Air.

jika ingin datang ke tempat ini sebaiknya datang di hari libur ya karena di hari biasa tempat ini sangat sunyi Jangan lupa untuk membawa bekal karena tidak ada satupun tempat yang menjual makanan maupun warung di sekitar lokasi.

namun sayangnya air terjun yang merupakan salah satu destinasi wisata dari 10 tempat wisata yang patut dikunjungi ini kondisinya tidak terawat, tangga turun ke lokasi sudah banyak yang rusak. sarung tempat istirahat juga kondisinya sangat memprihatinkan.

9. Pantai Pulisan.

Dengan luas Kurang lebih 3 hektar dengan garis pantai sepanjang 500 meter, pantai pulisan memiliki 3 Spot pemandangan komplit yang bisa dinikmati yaitu pasir batu dan Padang Savana ditambah pemandangan bawah laut yang indah sangat cocok untuk kalian bisa snorkeling. tak perlu ke tempat yang dalam karena yang indah bisa ditemukan tak jauh dari bibir pantai apalagi ombak yang tenang juga menjadikan rasa aman bagi sahabat yang ingin berenang bahkan camping pun bisa kalian lakukan di sini dan jangan lupa ya abadikan momen Sunset dan sunrise yang begitu mempesona sehingga masuk dalam daftar 10 tempat wisata di Sulut.

liburan ke pantai pulisan akan menjadikan pengalaman yang seru menyenangkan dan tak akan terlupakan.

10. Museum Provinsi Sulawesi Utara.

Museum negeri Provinsi Sulawesi Utara merupakan media informasi yang berkaitan dengan Sulawesi Utara meliputi sejarah alam manusia dan kebudayaan yang masuk dalam daftar 10 tempat wisata di Sulut.

Museum yang sudah ada sejak tahun 1967 dan mendapat pengakuan pada 1991 ini terdapat 2810 koleksi yang terbagi dalam 10 jenis klasifikasi, seperti koleksi etnografi sejarah lumismatika keramologica arkeologi hingga historical.

Selain itu di sini kalian akan berkenalan dengan kejayaan masa lalu daerah ini sebagai rute migrasi hewan dan manusia pada zaman prasejarah. ada juga bangkai ikan koelakan yang telah diawetkan rumah adat masyarakat Minahasa dan peralatan tenun.

UPTD museum negeri Provinsi Sulawesi Utara dibuka setiap hari Senin hingga hari Sabtu mulai dari jam 08.30 pagi Hingga jam setengah lima sore.

Demikian 10 tempat wisata yang perlu warganet kunjungi saat liburan di Sulut.

Baca juga:

Komentar