Viral! Kantor Bupati Pohuwato Dibakar Massa, Ini 5 Fakta Terbaru!

Netizensulut.com, Nasional –  Viral! dimedia sosial, kejadian memilukan yang terjadi di kantor Bupati Pohuwato, Provinsi Gorontalo, pada Kamis  (21/09/2023). menyisahkan pilu bagi sebagian besar masyarakat Pohuwato.

dari kejadian yang memilukan tersebut berikut kami sajikan 5 fakta setelah kejadian.

1. Kantor Bupati Pohuwato Dibakar Massa Demo

5 fakta terbaru pembakaran kantor bupati pohuwato

di ketahui, Insiden pembakaran kantor Bupati Pohuwato berawal saat massa aksi menuntut ganti rugi lahan ke perusahaan tambang emas. Menurut polisi, pihak perusahaan berupaya memvalidasi warga penerima ganti rugi lahan, namun ada massa yang tidak sabar hingga berujung aksi anarkis.

“Latar belakangnya tali asih dari perusahaan kepada tanah penambang, sudah dilaksanakan pendataan. Namun datanya berubah-ubah terus akhirnya dari perusahaan diubah lagi, butuh waktu lagi, tapi mereka tidak sabar,” kata Kabid Humas Polda Gorontalo AKBP Desmont Harjendro, dilansir detikSulsel, Kamis (21/9/2023).

Dalam video yang beredar dimedia sosial, tampak massa aksi memasuki kantor Bupati dan mengobrak-abrik semua isi kantor tersebut hingga puncak dari kemarahan tersebut terjadi kebakaran yang besar hingga melahat seluruh isi kantor tersebut.

2. Gedung Rusak Berat.

jika kita lihat sepintas dalam video yang beredar tak seberapa kerusakan gedung tersebut, namun lewat penuturan kabid humas Poda Gorontalo bahwa gedung tersebut rusak berat.

“kondisinya rusak berat, rusak berat”, ujarnya.

hingga saat ini belum diketahui jika ada atau tidaknya korban jiwa.

3. Sejumlah Massa Aksi Diamankan Polisi.

pihak kepolisian sejauh ini telah mengamankan beberapa pelaku yang diduga merupakan dalang dari pembakaran tersebut.

“ada beberapa pengunjuk rasa sempat diamankan,” tutur Desmont Harjendro Kabid huma Polda Gorontalo.

dia juga mengatakan bahwa kurang lebih diatas lima orang yang merupakan massa aksi yang diamankan oleh pihak kepolisian dan hingga kini telah diamankan di Polres setempat.

“kita akan cek kembali di polres, karena kita masih diluar. lebih lah kalau 5 (jumlah pengunjuk rasa yang diamankan)”. Imbuhnya.

4. Kondisi saat ini Sudah Kondusif.

dari pantauan juga keterangan pihak kepolisian untuk kondisi saat ini dilokasi sudah kondusif, walaupun begitu pihak kepolisian juga tetap memberikan penjagaan guna untuk menjaga kondusifitas.

“untuk situasi sudah kondusif. Alhamdulilah sudah membubarkan diri.” kata Kabid humas Desmont.

5. Kantor DPRD-Rumah Jabatan Bupati juga Diserang Massa.

melalui penuturan Kabid Humas Polda Gorontalo bahwa bukan hanya kantor bupati saja yang menjadi sasaran Massa aksi, namun hingga kantor DPRD serta rumah jabatan bupati pun serang massa aksi.

“jadi yang dirusak kantor Bupati, kantor DPRD sama rumah jabatan Bupati,” tuturnya.

“yang dibakar kantor Bupati, yang lainnya hanya dilempar. kerusakan kaca-kaca.” terangnya.

Komentar