Melampaui Kursi Demokrat dan Golkar di DPRD Provinsi, Kini Partai Nasdem jadi Primadona di Pilgub Sulut 2024

Netizensulut.com, Sulut – Setelah melewati pileg serentak, Partai Nasdem Sulut dinilai berpotensi Raih 7 Kursi di DPRD Provinsi Sulut dan hal itu diperkirakan akan mengungguli Partai Demokrat dan partai Golkar, kini Partai Nasdem jadi Primadona dalam menghadapi Pilgub Sulut 2024.

Pasalnya, setiap parpol yang menjadi kontestan dalam perhelatan pilgub nanti harus membangun koalisi agar supaya dapat mengikuti kontestasi pilgub. Beda halnya dengan partai yang secara kursi sudah bisa mengusung calonnya sendiri.

Pilgub di Sulawesi utara kali ini akan seru, dimana setiap kontestan harus mempunyai Visi dan Misi yang jelas serta harus mempunyai konsep gagasan kedepan yang relevan dengan kebutuhan masyarakat Sulawesi utara saat ini.

Promosi antar publik figur pun sudah bisa masyarakat lihat dan nilai di Media massa serta media sosial yang ada.

Berbeda dengan Partai Demokrat dan Partai Golkar yang sudah mempunyai figur yang diusungkan oleh Partainya untuk maju di Pilgub 2024 mendatang, Partai Nasdem ternyata merupakan Primadona dalam Pilgub karena berpotensi raih 7 kursi di DPRD Sulut. Hal ini tentunya dapat memudahkan Partai Nasdem untuk dipinang menjadi wakil gubernur nantinya.

Apalagi jika mengacu pada Hasil suara Pemilu 2019 lalu, Untuk maju Pilgub Sulut Partai Nasdem tidak perlu Koalisi untuk memasangkan calon Gubernur Sulut. Karena untuk mengusung itu harus ada 9 kursi di DPRD Sulut dan Partai Nasdem mempunyai 9 kursi itu.

Kemudian, Lantas siapakah Figur yang akan mewakili Partai Nasdem Sulut di Pilgub 2024 ini ?

Berikut ini 5 Kader Partai Nasdem Sulut yang berpotensi jadi Calon Wakil Gubernur atau bahkan Calon Gubernur Sulut di Pilgub 2024:

 

1. Victor Mailangkay

 

Victor Mailangkay saat ini menjabat sebagai Ketua DPW Partai Nasdem Sulut juga sebagai Wakil Ketua DPRD Sulut periode 2019-2024.

Secara pribadi Victor Mailangkay mempunyai pengikut militan di beberapa daerah seperti di Kota Manado dan sekitarnya sehingga hal itu yang membuat dirinya duduk dikursi wakil ketua DPRD Sulut.

Tak hanya itu, Politisi senior ini ternyata tidak ikut terlibat dalam Pileg 2024 pada bulan februari lalu karena memilih fokus untuk memenangkan kader-kader partai Nasdem di Sulut.

 

2. Felly Estelita Runtuwene

 

Saat ini Felly Estelita Runtuwene atau lebih dikenal dengan Felly Runtuwene ini menjabat sebagai Ketua Komisi IX DPR RI.

Mengacu dari jabatan yang Felly Runtuwene emban saat ini, terbilang cukup mudah untuk Felly mendapat restu dari DPP Nasdem untuk terjun dalam Pilgub Sulut 2024 ini.

Walaupun begitu, Felly Runtuwene juga ternyata hingga saat ini merupakan calon kuat untuk duduk kembali di DPR RI Periode 2024-2029 karena mengacu pada hitungan cepat KPU Lewat sirekap per hari ini dirinya berpotensi besar kembali duduk di senayan untuk melanjutkan periode.

Namun semua itu kembali tergantung Felly Runtuwene sendiri, dimana dirinya akan menentukan langkah terbaiknya.

 

3. Tatong Bara

 

Mantan Walikota Kotamobagu dua periode ini merupakan kader Partai Nasdem sejak tahun 2019 hingga saat ini.

Prestasi Tatong Bara selama memimpin Kotamobagu dua periode itu rupanya bisa dijadikan pondasi awal kalau dirinya diusung partai untuk ikut Pilgub 2024 ini.

Bahkan bukan hanya itu saja, berbagai prestasi yabg dicapai Tatong selama di Kotamobagu patut diacungi jempol karena mampu membawah perubahan signifikan bagi Kota Kotamobagu.

Semasanya memimoin Totang adalah sosok yang dicintai masyarakat Kotamobagu bahkan Bolmong raya.

 

4. Braien Waworuntu

 

Politisi Muda yang satu ini sangat dikenal dikalangan milenial, dimana Anggota DPRD Sulut dari Dapil Minahasa-Tomohon ini dikenal sangat dekat dengan gen Z dan Generasi Milenial.

Braien Waworuntu Saat ini menjabat sebagai ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Minahasa, semenjak dilantik sebagai ketua DPD Partai Nasdem Minahasa. Braien Waworuntu sudah membuat gebrakan di internal partai Nasdem sulut karena menghadirkan Ketum Surya Paloh langsung untuk melantiknya.

Oleh karena itu tak heran jika Braien Waworuntu merupakan salah satu Figur yang cukup mudah mendapat restu dari DPP Nasdem untuk ikut Pilgub 2024 nanti.

Braien Waworuntu juga selama di DPRD Sulut pernah Menjabat Ketua Komisi IV termudah, bukan hanya di Sulut melainkan hingga tingkat Nasional pada waktu itu.

 

5. G. S. Vicky Lumentut

 

Mantan Walikota Manado ini juga berpotensi jadi Calon wakil Gubernur di Pilgub 2024 ini, pasalnya Publik figur yang satu ini adalah Politisi senior yang mempunyai basis masa yang cukup besar di ibukota provinsi Sulawesi Utara.

Sehingga hal itu bisa memudahkan Dirinya masuk radar partai lain untuk diajak berkoalisi di pilgub 2024.

Jejak Politik Vicky Lumentut dalam membangun Sulawesi utara terlebih khusus kota manado ini menuai banyak apresiasi dari kalangan masyarakat, karena Mantan Walikota Manado itu dikenal sangat dekat dengan masyarakat.

Adapun, Untuk ke-5 figur diatas tentunya harus mempunyai restu dari pusat untuk bisa maju dalam Pilgub Sulut 2024 nanti.

Namun satu hal yang pasti bahwa sejauh ini Partai Nasdem Sulut menjadi spotlight bagi partai lain, karena berpotensi besar raih 7 kursi di DPRD Sulut dan itu menjadi nilai plus bagi Nasdem sehingga bisa memudahkan koalisi nantinya.

Komentar