Komisi IV DPRD Sulut Menggelar RDP dengan Mitra Kerja Terkait Evaluasi Program T.A 2024, Ini Hal yang di Soroti !

Netizensulut.com, SULUT – Komisi IV DPRD Sulut Menggelar Rapat Dengar Pendapat atau RDP dengan Mitra Kerja terkait Evaluasi Program Tahun Anggaran 2024, hal ini yang di Soroti.

Dalam agenda RDP dengan Mitra kerja yang di gelar pada Senin (10/06/2024) ini, Komisi IV DPRD Sulut teragenda akan RDP dengan Dinas Kesehatan Sulut dan Dinas Lingkungan Hidup Sulut, kemudian RDP terkait Surat Aspirasi tentang kejanggalan upah dalam Perjanjian Kerja Laut (PKL).

Komisi IV DPRD Sulut RDP dengan Mitra Kerja

Ketua dan anggota Komisi IV DPRD Sulut yang Hadir dalam RDP tersebut, Ketua Komisi Vonny Paat, Cindy Wurangian, Nori Supit, Agustin Kambey, Ismael.

Komisi IV DPRD Sulut RDP dengan Mitra Kerja Dinas Kesehatan Sulut

Adapun saat RDP dengan Dinas kesehatan Sulut, banyak kritikan, saran dan bahkan Apresiasi yang di sampaikan kepada Dinas Kesehatan Sulut.

Salah satunya seperti yang di sampaikan oleh Vonny Paat kepada Dinas kesehatan Sulut bahwa masih ada banyak Tugas yang perlu di maksimalkan dalam dinkes itu sendiri.

“Kita mengapresiasi kinerja Dinas Kesehatan. Harapan kami bawah target-target yang sudah di tetapkan Pemerintah Provinsi tentang retribusi itu bisa di capai dengan kinerja masing-masing pihak rumah sakit,” kata Vonny saat memimpin rapat.

Walaupun di berbagai kesempatan Vonny Paat sering mengingatkan bahwa Rumah sakit bukan tempat untuk pengumpul PAD.

Adapula dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Kesehatan Daerah Sulut dr. Debbie Kalalo dalam rapat itu memaparkan program kegiatan yang sudah di laksanakan.

Antara lain, upaya-upaya percepatan penurunan jumlah kematian ibu dan anak di kabupaten/kota, peningkatan gizi masyarakat, hingga pencegahan penyakit termasuk di dalamnya menular dan tidak menular.

Hadir dari Pihak Dinkes Sulut, dr. Debby Kalalo di dampingi Jajaran dinas yang ada.

RDP dengan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulut

Sedangkan, saat RDP dengan Dinas Lingkungan Hidup atau DLH Sulut. Ketua Komisi IV Vonny Paat menanyakan Realisasi Program kerja DLH juga evaluasinya sudah sejauh mana.

“Program apa saja yang sudah di realisasi oleh DLH.” tanya Vonny Paat kepada kadis DLH Sulut.

Kepada Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Utara Limi Mokodompit menjabarkan program dan anggaran yang sudah dinas jalankan selama ini.

Kadis Mengatakan program dinas Lingkungan Hidup yang di jalankan sudah di angka 47.6 persen per bulan juni 2024.

“Komisi 4 melihat dan mengevaluasi sejauh mana pelaksanaan program kita dinas lingkungan hidup, dan program kita sudah mencapai 47.6 persen di bulan Juni. ini artinya sudah mencapai 50 persen program yang di jalankan, dan harapan kita semua program sampai pada akhir bulan Desember progresnya akan mencapai 100 persen.” kata Mantan Bupati Bolmong itu.

Ia juga menjabarkan bahwa program DLH lebih pada pengawasan, kordinasi, rapat kerja termasuk belanja barang.

“Ini yang nanti di harapkan pada program DLH akan tuntas semua.” jelasnya.

Mengenai perizinan, Limi menjelaskan bahwa terbagi antara wilayah kabupaten/kota dengan provinsi.

“Kalau kewenagan dengan skala kecil itu biasanya merupakan kewenangan kabupaten/kota.” pungkasnya.

Adapun dalam rangkaian Rapat yang berjalan, Pihak sekretariat DPRD Sulut terlihat aktif dalam mempersiapkan rapat, agar rapat bisa berjalan lancar.

Komentar