Fokus Awasi Jalannya Pilkada 2024, Begini Penjelasan Ketua Bawaslu Sulut

Netizensulut.com, SULUT – Fokus Awasi Jalannya Pilkada 2024, Begini Kata Ketua Bawaslu Sulut.

Proses pendaftaran Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara terbilang segera di buka oleh KPU.

Oleh karena itu Bawaslu Sulut terus fokus awasi tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024.

Memasuki tahapan pendaftaran pasangan calon Gubernur dan Wagub Sulut 2024, Bawaslu makin sigap.

Dimana, dalam tahapan Pendaftaran Paslon di KPU Sulut, Bawaslu akan menurunkan 39 personel yang nantinya akan mengawasi dan memantau jalannya kegiatan pendaftaran pencalonan Gubernur dan wakil gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Hal itu disampaikan Ketua Bawaslu Sulut Ardiles Mewoh saat konferensi pers di Kantor KPU Sulut, Senin (26/08/2024).

Ardiles Mewoh mengatakan pihaknya juga sudah memberikan imbauan kepada KPU Sulut untuk memberikan akses terhadap pengawasan yang akan dilakukan Bawaslu.

“Mulai dari registrasi, penelitian berkas, sampai selesai penerimaan pendaftaran termasuk kejadian di dalam tempat pendaftaran.

Pun pendukung juga akan diawasi, bahkan semua kegiatan lingkungan tempat pendaftaran akan diawasi Bawaslu Sulut,” urai Ardiles Mewoh.

Poin ketiga, Kata Ardiles Mewoh, imbauan kepada parpol bakal pasangan calon.

“Kami sudah memberikan imbauan secara umum, dan harap diperhatikan ketentuannya dalam melakukan pendaftaran ada batasan yang harus diperhatikan,” tegasnya.

Ardiles Mewoh pun menegaskan, untuk calon yang akan mendaftar dan sementara duduk sebagai pejabat. Yang bersangkutan tidak boleh menggunakan fasilitas negara seperti melibatkan ASN, menggunakan kendaraan dinas dan lain-lain.

Lanjutnya, Bawaslu Sulut akan memperhatikan dan mengendalikan pendukung, ketika mengawal atau mengantarkan bakal calon mereka ke Provinsi Sulut.

“Kami juga memohon kepada para jurnalis, apabila ditemui adanya pelanggaran dalam proses pendaftaran ini sampaikan kepada Bawaslu Sulut,” imbuh Ardiles Mewoh.

Komentar