Sosialisasikan Tahapan Pilkada 2024 ke FJPI, Ini yang Diharapkan KPU Sulut !

Netizensulut.com – Bertempat di hotel Grand Whiz, Jumat (27/09/2024). KPU sulut mensosialisasikan Tahapan Pilkada 2024 kepada anggota FJPI Sulut.

Kegiatan dibuka mewakili Komisioner KPU Sulut, Sekretaris KPU Sulut, Meidy Malonda, didampingi Ketua Forum Jurnalis Peremuan Indonesia (FJPI) Sulut, Susan Palilingan.

Meidy Malonda dalam sambutannya membuka kegiatan mengatakan, Sekiranya para jurnalis dapat bekerjasama yang baik untuk menjadi corong dalam penyampaikan sosialisasi tahapan Pilkada bagi masyarakat di Sulawesi Utara.

“Kami berharap, para jurnalis perempuan dapat membantu kami dalam penyampaikan informasi tahapan Pilkada pada masyarakat,” ungkapnya.

Meidy Malonda menambahkan, saat ini dalam tahapan DPT dan sebentar lagi akan masuk dalam tahapan DPTb dari 1.439 desa, 171 kecamataan dan 1.950.484 pemilih.

Lanjutnya, KPU sebagai stakehokder utama, pemerintah stakeholder kunci, dan stakeholder penunjang para jurnalis yang akan bertugas membantu tugas KPU dalam mensosialisasikan berbagai tahapan Pilkada 2024.

“Kami sebagai penyelenggara harus melibatkan semua stakeholder yang ada,” tuturnya.

Di akhir sambutannya, Meidy Malonda pun menyampaikan saat ini KPU Sulut melaksanakan Pilkada secara ramah lingkungan.

Hal ini sudah di mulai dari pelaksanaan tahapan Pilkada, yang terlihat dari adanya 600 relawan yang bertugas mengumpulkan sampah plastik dan nantinya akan dikelola menjadi barang berguna.

“Mereka bertugas di berbagai kegiatan KPU yang tersebar di Sulut. Jadi, apabila ada kegiatan KPU para relawan akan mengumpulkan sampah plastik untuk ditampung dan nantinya akan dikelola, ” tuturnya.

Sementara itu, Ketua FJPI Sulut, Susan Palilingan menyatakan, pihaknya sangat mengapresaiasi dukungan KPU Sulut bagi FJPI untuk melaksanakan kegiatan ini.

Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para jurnalis perempuan, untuk membantu KPU menyampaikan kepada masyarakat, semua tahapan Pilkada yang sementara, dan akan berlangsung nantinya.

Dan bagi peserta lainnya, akan menjadi bekal untuk menjadi pemilih yang baik, di Pilkda nanti sesuai regulasi yang ada.

“Kami berharap, kegiatan ini akan menambah wawasan bagi semua peserta yang ada, sehingga kehadiran perempuan akan memberikan manfaat yang besar dalam Pilkada nanti,” imbuhnya. (*)

Ketua KPU Sulut Kenly Poluan dalam kesempatannya menutup kegiatan menyampaikan terima kasih pada forum jurnalis perempuan yang sudah membantu KPU melaksanakan sosialisasi, tentu kegiatan ini penting sekali untuk dilaksanakan,” kata Poluan.

Poluan juga mengatakan, terlepas dari program yang di susun oleh KPU terkait Sosialisasi Tahapan Pilkada 2024, ia meminta kepada peserta untuk membantu dalam mensosialisasikan kepada masyarakat.

“Kami juga berharap untuk membantu kami melakukan sosialisasi kepada semua masyarakat Sulut agar kegiatan ini terselenggara lebih baik,” jelasnya.

Diketahui, Kegiatan Sosialisasi Tahapan Pilkada 2024 dan Forum Jurnalis Perempuan ini mengangkat tema “Perempuan Memilih”.

Kegiatan ini di ikuti Ratusan perempuan yang kesehariannya berprofesi sebagai jurnalis media online, cetak, dan elektronik, dan mahasiswa.

Sebagai pemateri kegiatan tersebut, Ketua FJPI Sulut Susan Margaret Palilingan, Sekertaris FJPI Sulut Grace Wakary, Presenter dan Produser Kompas TV Frisca Clarissa, dan Psikolog Hanna Monare.

Komentar